TRANSLATE

03 Januari 2009

Saran Alfatini untuk Amauri

Carvalho Amauri tengah berada di persimpangan, apakah akan membela timnas Brasil atau Italia. Jose Altafini, yang pernah bermain bagi dua tim hebat itu, memberi saran.


Memiliki bakat besar, Amauri sejauh ini belum dilirik oleh timnas Brasil, negara tempat ia lahir. Ia pun mulai mempertimbangkan untuk bermain bagi Italia, negara di mana ia meretas karir. Untuk pilihan kedua ini, Amauri masih harus menunggu terbitnya paspor Italia untuknya.

Amauri mendapat masukan penting dari Altafini, seorang pemain yang pernah membela baik Brasil maupun Italia. Menurut Altafini, Amauri jangan sampai salah memilih bila tidak ingin menyesal seperti dirinya.

"Saya membuat kesalahan bermain bagi keduanya. Saya tak akan melakukannya lagi. Meski bermain bagi Italia adalah kehormatan, jika saya bisa kembali saya tak akan mencampakkan kostum Brasil," aku Altafini seperti dikutip Goal.

Altafini membela Brasil di Piala Dunia 1958 yang akhirnya dimenangi tim 'Samba'. Namun tahun 1961 ia memilih membela Italia karena nenek moyangnya berasal dari negara itu. Di Piala Dunia 1962, Altafini yang kini berusia 70 tahun gagal membawa Azzurri berprestasi.

"Saya mendapat nasihat buruk dari beberapa orang yang bilang bahwa saya bisa memenangi Piala Dunia dengan dua tim berbeda. Mari jujur, setelah menang PD 1958, tanpa ragu mereka pasti akan memanggil saya untuk PD 1962," tambah pemain yang kerap dipanggil Mazola itu.

"Kini aturan sudah berubah. Amauri tidak bisa memilih sendiri, jadi saya menyarankan dia untuk sesedikit mungkin bicara. Itu bagus buat dia karena akan mengangkat tekanan yang ditimbulkan perhatian media," kata Altafini.

Akhir tahun 2008, pelatih timnas Brasil Carlos Dunga memberi isyarat akan memanggil Amauri yang sejauh ini menjadi top skorer bagi Juventus di Seri A dengan 11 gol.

"Saya pikir dia berharap dipanggil Dunga. Bermain bagi Brasil akan jadi semacam 'balas dendam' untuk negaranya," tandas Altafini.


Tidak ada komentar: